Jumat, 21 Agustus 2015

CARA PEMIJAHAN BUATAN IKAN BETOK

Setelah kita mengenal ikan betok, melakukan domestikasi dan pemeliharaan induk secaraintensif maka kita dapat melakukan usaha pemijahan. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam kegiatan pemijahan induk ikan betok diantaranya seperti seleksi induk siap pijah, anestesi, penyuntikan induk, ovulasi, hingga penetasan telur.

Seleksi induk siap pijah
Induk yang siap memijah memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Tabel 1. Ciri induk matang siap pijah
Jantan
Betina
Umur minimal 1 th
berat minimal 50 gr
genital berwarna kemerahan
Umur minimal 1 th
berat minimal 100 gr
Perut terlihat membuncit dan lembek
genital berwarna kemerahan
           
Induk yang memiliki ciri-ciri tersebut kemudian dipisahkan dalam wadah inkubasi induk untuk dipersiapkan pemijahan, wadah yang digunakan dapat berupa bak fiber ataupun bak kayu dengan perbandingan induk jantan dan betina untuk pemijahan semi alami adalah 3:1 (jantan : betina)
 Gambar 4. Ciri induk matang dan siap pijah
Sebelum dilakukan penyuntikan, induk jantan dan induk betina di inkubasi dalam wadah yang berbeda agar memudahkan dalam proses penyuntikan.
Anestesi
Anestesi atau pembiusan dilakukan untuk mengurangi kondisi stres pada induk dan memudahkan penanganan pada saat akan dilakukan penimbangan dan penyuntikan. Pembiusan dilakukan dengan menggunakan larutan benzocaine. Jumlah benzocaine yang digunakan untuk pembiusan induk ikan betok disarankan 50 ppm. Namun jumlah tersebut standar dan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang tepat. Induk ikan betok yang telah dibius dapat disadarkan kembali dengan memberikan air segar pada insangnya, yaitu dengan cara mengalirkan air segar ke dalam mulut dan operkulum ikan.
Anestesi sangat efektif untuk mengurangi stres, meskipun tentunya penggunaan anestesi akan menambah biaya operasional dan tambahan kegiatan operasional lainnya. Namun demikian jika penanganan induk tidak baik, hasilnya tetap tidak bisa diharapkan meskipun menggunakan obat bius. Teknik penaganan adalah lebih penting dari sekedar penggunaan obat bius.
Penyuntikan induk
Oosit dari induk betina yang siap pijah sudah berada pada tahap pematangan akhir, namun ovulasi tidak bisa terjadi tanpa adanya stimulasi dari lingkungan atau hormon pada kondisi buatan, sehingga penyuntikan hormon harus dilakukan untuk mencapai proses ovulasi pada pemijahan ikan betok. Umumnya penggunaan hormon  mempertimbangkan nilai ekonomis dan kemudahan dalam mendapatkannya, salah satu hormon yang  biasa digunakan adalah ovaprim.
Teknologi pemijahan ikan betok dengan penyuntikan diadopsi dari teknologi pembenihan ikan patin siam, dimana proses penyuntikan betina dilakukan sebanyak dua kali dengan dosis 0,5 cc/kg induk, dimana pada penyuntikan pertama diberikan sepertiga dari jumlah total dosis dan sisanya diberikan pada penyuntikan kedua. Interval waktu antara penyuntikan pertama dan kedua adalah enam jam.
 Gambar 6. Proses penyuntikan induk
Berbeda halnya dengan induk betina, pada induk jantan juga dilakukan penyuntikan dengan dosis 0,3 cc/kg yang diberikan satu kali pada saat awal penyuntikan betina. Setelah penyuntikan kedua induk betina maka dilakukan pencampuran induk betina dan jantan dalam satu wadah agar terjadi pemijahan secara semi alami.
Ovulasi dengan semi alami
ovulasi dengan pemijahan secara semi alami biasanya terjadi setelah 3-6 jam setelah penyuntikan kedua, proses ovulasi dan pembuahan terjadi secara parsial, selama proses ini kondisi induk sangat sensitif sehingga perlu lebih hati-hati dalam pengamatan. Selain itu pengambilan telur sebaiknya dilakukan setelah induk benar-benar telah selesai memijah agar tidak mengganggu proses pemijahan yang sedang berlangsung.
 Ukuran diameter telur ikan betok
Inkubasi telur
Telur yang telah dihasilkan dari proses  pemijahan kemudian dipindahkan secara hati-hati ke dalam akuarium inkubasi telur dengan tinggi air kurang lebih 25 cm, selanjutnya telur tersebut akan menetas setelah kurang lebih 24 jam pada suhu 28-30oC.
 Akuarium inkubasi telur
Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara pemijahan ikan betok, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar